Tips Menghadapi Interview yang Baik Supaya Tidak Gugup

Jumat, 16 Agustus 2013

Hampir semua orang jadi gelisah sebelum wawancara kerja, tak jarang kedua tangan tiba-tiba terasa berkeringat dan maunya pergi ke toilet terus. Bila anda mengalami hal itu(gugup), maka tips berikut ini berguna ketika Anda berada di dalam ruang Interview.

Lakukan Persiapan sebaik mungkin

Persiapan adalah salah satu faktor penting untuk menghadapi inteview . Beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya:

  • Anda perlu membuat daftar untuk menganalisa setiap keahlian atau pengalaman yang mungkin relevan dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Pastikan semua yang Anda butuhkan disiapkan malam sebelumnya. termasuk kerapihan pakaian dan beberapa  dokumen yang diminta sebagai persyaratan 
  • Cari tahu banyak hal  tentang  latar belakang dan seluk beluk perusahaan incaran anda, hal ini juga cukup berguna manakala pewawancara menanyai anda  tentang perusahaan yang bersangkutan dan kegiatan apa yang mereka lakukan.

Sebelum Anda pergi ke dalam Ruang Interview

Berusahalah untuk tetap tenang. Ini jelas sulit daripada kedengarannya, Pastikan Anda terhidrasi dengan minum air terlebih dahulu supaya tidak gugup.

Saat di Ruang Interview
  1. Buat kesan yang baik. Usahakan agara anda berpenampilan rapi saat diinterview, Jangan memakai terlalu banyak make up, perhiasan, aksesoris dan terlalu banyak parfum.
  2. Tersenyumlah  ketika Anda pertama kali Datang, dan ketika Anda berjalan ke ruangan, Pastikan postur Anda tegak, tubuh membungkuk meninggalkan kesan pertama yang sangat buruk
  3. Pastikan Anda membuat kontak mata, terutama di awal-awal, karena akan membuat Anda terlihat fokus dan komunikatif
  4. Jangan duduk sampai Anda diminta untuk melakukannya, tidak Mungkin tampak seperti hal yang besar, tetapi bisa dilihat sebagai perilaku kurang ajar. 
  5. Jangan bersandar pada siku selama wawancara, sebab sikap tubuh ini menggambarkan seolah-olah anda sedang gugup. 
  6. Dengarkan dengan seksama apa yang ditanya atau diminta. Jangan menyela, tapi jangan meminta mereka untuk Klarifikasi apa yang mereka minta jika Anda tidak mengerti pertanyaan langsung. 
  7. Tunjukkan minat dalam wawancara dengan Mempertahankan kontak mata, tersenyum dan mengangguk. 
  8. Menjawab pertanyaan dengan jujur​​, dan terus terang, Jika tidak dapat menjawab pertanyaan, jangan takut untuk mengatakan "saya kurang tahu", Itu berarti Anda bersedia mengakui apa yang tidak anda ketahui pasti.
  9. Berkonsentrasilah pada apa yang Anda bicarakan: bicara perlahan dan jelas, berhenti sejenak untuk berpikir tentang jawabannya
  10. Hindari kata-kata  "um" dan "eh". Cobalah untuk tidak berbicara panjang dan tidak jelas. Akhirilah setiap jawaban dengan kesimpulan yang baik dan jelas.
  11. Cobalah untuk tidak mengungkapkan informasi rahasia tentang orang lai, karena hal ini membuat Anda terlihat dipercaya.
  12. Setelah Anda selesai diwawancarai oleh mereka, pastikan Anda mengucapkan terima kasih kepada mereka untuk memberikan kesan yang baik , dan ingat postur tubuh Anda, usahakan tetap  senyum, jabat tangan dan sopan santun ketika Anda meninggalkan ruangan.
Demikianlah Tips Menghadapi Interview yang baik untuk anda yang sedang melakukan pencarian lowongan kerja, Semoga dengan Do'a dan menjalankan tips diatas anda tidak merasakan gugup saat di-interview.